Welcome to My Blog!

This is Boxer Template Demo Site
Follow Me

MENGGUNAKAN BITTORRENT



By  Rahmat Syukri     11:31    Label: 
Anda sudah mengenal teknologi Peer to Peer atau P2P. Dimana antar computer yang terhubung ke Internet dapat melakukan tranfer file atau saling bertukar file. Salah satu teknologi P2P yang sedang ramai digunakan adalah Bittorrent atau lebih umum dinamai Torrent
Bagi mereka yang sudah mengenal computer, kata Bittorrent mungkin tidak asing lagi. Mirip seperti Limewire, Kazaa atau Morpheus yang banyak digunakan sebagai media mentranfer file antar computer di jaringan internet. Tetapi bagi mereka yang baru mengenal, mungkin agak bingung mengunakan sitem Bittorrent.
Bittorrent sedikit berbeda dibandingkan software P2P lainnya. Bittorrent tidak memiliki pusat atau central. Software untuk jaringan Bittorrent juga banyak dikembangkan para programer, dan sifatnya freeware atau gratis. Software pembantu atau disebut juga Client Bittorrent juga banyak dibuat dengan berbagai model
Apa saja yang didapat dari teknologi Bittorrent tersebut. Bila software LImewire lebih memfokus pertukaran file antar computer dengan komunitas multimedia. Bittorrent memiliki pencarian lebih bebas. Seperti file film, music / MP3, program, e-Book dan lainnya dimasukan kedalam list Bittorrent. Mereka yang memiliki file dapat saling bertukar dan mencari melalui situs tertentu seperti thepiratebay.org. Dari daftar list yang ada pada situs maka file dapat diambil dengan mengunakan program Bittorrent.

Bagaimana cara kerja sistem Bittorrent

Bittorrent tidak memilki central computer. Bila 10 orang memiliki data yang sama, maka file dapat diambil untuk sebuah computer. Bila computer netter mendapatkan sebuah file atau ingin mendownload file, maka file pertama diambil dari computer. Lalu program akan mencari file yang sama dari computer lain. Sistem Bittorent sederhana, mengunakan hukum siapa yang melakukan upload lebih besar akan mendapatkan kecepatan download lebih besar. Sistem ini menjadi adil, dan memaksakan sebuah computer harus berbagi dengan computer lain.

Bittorent juga memiliki keunikan untuk berbagi file. Software akan mencatat pemilik utama dari file yang didownload. Sehingga bila semua computer atau disebut peer menghilang, sedikitknya ada kesempatan untuk menyelesaikan download file dari computer utama yang tercatat pada software Bittorrent. Sehingga penguna Bittorrent memiliki kesempatan terakhir mendownload bila peer yang ada menghilang.
Satu fitur yang disebut Seeder. Fitur ini mengutamakan computer dengan kemampuan upload tinggi. Mendownload dengan fitur Seeder ditujukan untuk memaksimalkan download pada sebuah computer client Bittorrent saja.

Fitur lain adalah New Peer atau tanpa potongan file yang didownload. Bittorrent memakai cara memotong file dari beberapa computer lain untuk mendownload. Tetapi dengan New Peer, maka file yang didownload hanya diutamakan dari sebuah computer client Bittorrent. Alasannya bisa saja file yang akan diambil merupakan file langkah yang tidak dimiliki computer lain. Tetapi mengunakan 1 potong file yang akan didownload, netter harus mengambil file dan secepatnya menyelesaikan proses download. Bila tidak kemungkinan membuat file tidak selesai download karena client Bittorrent yang dituju sudah lenyap.

About Rahmat Syukri

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Follow by Email

Labels

Dakwah Agama (5) IT (3)

Translate

Kunjungan ke- :

web counter html code